Minggu, 18 April 2010

SISTEM PAKAR (EXPERT SYSTEM)

Sistem pakar (expert system ) merupakan paket perangkat lunak atau paket program komputer yang ditujukan sebagai penyedia nasehat dan sarana bantu dalam memecahkan masalah di bidang-bidang spesialisasi tertentu seperti sains, perekayasaan, matematika, kedokteran, pendidikan dan sebagainya. Expert system merupakan subset dari Artificial Intelegence.

Keunggulan sistem pakar :
a. Kemampuan menghimpun data dalam jumlah yang sangat besar.
b. Kemampuan menyimpan data tersebut untuk jangka waktu yang panjang dalam suatu bentuk yang tertentu.
c. Kemampuan mengerjakan perhitungan secara tepat dan tepat dan tanpa jemu mencari kembali data yang tersimpan dengan kecepatan tinggi.

Kemampuan sistem pakar :
a. Menjawab berbagai pertanyaan yang menyangkut bidang keahliannya.
b. Bila diperlukan dapat menyajikan asumsi dan alur penalaran yang digunakan untuk sampai ke jawaban yang dikehendaki.
c. Menambah fakta kaidah dan alur penalaran sahih yang baru ke dalam otaknya.


KOMPONEN EXPERT SYSTEM
1.User Interface
2.Knowledge base
3.Inference engine
4.Development engine

1.User interface
Memungkinkan pemakai untuk dapat berinteraksi dengan expert system. User interface memungkinkan manajer untuk memasukkan instruksi dan informasi ke dalam expert system dan menerima informasi darinya. Manajer memasukkan instruksi untuk menentukan parameter yang memberi pedoman bagi expert melalui proses penalarannya. Informasi yang dimasukkan oleh menajer berbentuk nilai yang disesuaikan dengan variabel tertentu atau variable yang digunakan pda expert system tersebut.

2.Knowledge Base
Knowledge base berisi fakta yang menjelaskan bidang masalah dan kowledge representation technique yang menjelaskan cara penggabungan fakta tersebut dalam cara yang logis. Istilah problem domain digunakan untuk menjelaskan bidang masalah.

3.Inference Engine
Adalah komponen atau bagian dari expert system yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi dari knowledge base dengan urutan tertentu. Selama proses konsultasi, inference engine meneliti rule dari knowledge base sekali waktu, dan bila kondisi rule benar maka akan diambil tindakan tertentu.

4.Development Engine
Development engine digunakan untuk menciptakan expert system. Ada dua cara dasar penciptaan, yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman dan menggunakan shell expert system. Shell expert system adalah prosessor siap pakai yang dapat disesuaikan dengan bidang masalah tertentu dengan menambah knowledge base yang sesuai.

Berikut ini adalah contoh dari penerapan/kegunaan system pakar (expert system) dalam membantu pekerjaan manusia :

Robot Asimo




Robot asimo merupakan robot hasil ciptaan para teknisi Honda yang menggunakan sistem pakar (expert system) yang mempunyai sifat yang mirip dengan manusia. Selain mampu berjalan dan berlari asimo juga mampu menjadi asisten manusia. Robot Honda ini juga mampu memegang berbagai benda dan juga memiliki kemampuan berkomunikasi dan mengenali objek serta lingkungan secara otomatis. Asimo juga bisa menyapa dan mengubah arah secara otomatis untuk menghindari halangan di depannya, hal ini dikarenakan adanya sensor di bagian muka (kepala) robot tersebut. Dalam hal menggerakkan kaki, asimo tidak hanya mampu berjalan maju, mundur serta naik atau turun tapi ia juga bisabergerak dalam pola lingkaran dan berlari dengan kecepatan 6 kilometer perjam serta mampu berjalan dengan kecepatan 2,7 kilometer perjam. Sedangkan untuk komunikasi jarak jauhnya dimungkinkan berkat adanya teknologi Integrated Circuit Card(kartu IC). Kartu ini bisa menyimpan data pemegang kartu dan berinteraksidengan sistem sensor Asimo sehingga robot putih ini mampu mengenali informasi penting manusia.

1 komentar:

  1. Kami juga mempunyai artikel yang terkait dengan expert system, bisa di download disini:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2191/1/02-03-013-Expert%5BRemi%5D.pdf
    semoga bermanfaat :D

    BalasHapus