Jumat, 02 April 2010

Web Science


Web Science merupakan ilmu yang mempelajari tentang suatu sistem yang terdapat di internet yang memungkinkan siapapun dapat mengakses berbagai macam informasi. Untuk mengakses informasi tersebut diperlukan perangkat lunak pendukung yang biasa disebut dengan web browser. Web itu sendiri terdiri dari berbagai website yakni sekumpulan halaman-halaman situs yang saling berhubungan, yang berisi teks, gambar, video atau fili-file digital lainnya. Website ini harus dimuat pada sebuah web server agar dapat diakses melalui jaringan internet(web)

Naah.. website itu sendiri terbagi atas 2 jenis website secara umum, yaitu website statis (Static Website) dan website dinamis(Dynamic Website).

Website Statis (Static Website)
Website Statis yaitu halaman-halaman situs yang bisa diakses oleh pengunjung.
Biasanya web jenis ini hanya dibuat dengan kode HTML (hypertext markup language) dan terkadang dilengkapi dengan script javascript dan flash untuk mempercantik tampilan dari web tersebut.
Konten website statis tidak dapat diupdate, apabila ingin merubah isi website statis, harus merombak kode-kode HTMLnya dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang mengerti bahasa HTML atau orang yang membuat website tersebut. Website statis biasanya berupa company profile sederhanya, brosur online, atau situs-situs yang berisi informasi sederhana yang tidak perlu dirubah.

Website Dinamis (Dynamic Website)
Website Dinamis biasanya terdiri atas front-end dan back end. Front end adalah halaman-halaman situs yang bisa diakses pengunjung, sedangkan back-end yang biasa disebut CMS (content management system) atau biasa juga disebut Admin Area, atau kalau di dunia blog dikenal dengan nama Dashboard, berfungsi untuk mengupdate halaman-halaman front-end. Jadi halaman back end biasanya hanya bisa diakses oleh pemilik atau pengelola situs dengan username dan password yang hanya dimiliki oleh pembuat situs tersebut.
Website dinamis juga bisa dibuat interaktif dimana pengunjung atau user bisa meninggalkan komentar, menuliskan artikel baru dan lain-lain tergantung fungsi dan tujuan situs tersebut.
Berbeda dengan website statis, pembuatan website dinamis jauh lebih rumit dan komplikatif tergantung fitur-fitur yang diinginkan. Untuk website dinamis sendiri terdiri dari berbagai tipe dan terus berkembang berdasarkan, fungsi, fitur dan tujuannya masing-masing, antara lain :

Social Network Site (Situs Jejaring Sosial) : seperti Friendster, MySpace, Facebook, Twitter dan lain-lain.

Forum Site : dibuat khusus agar para member dapat berdiskusi sesuai dengan topic-topik yang telah ditetapkan. Contohnya : Kaskus, Detik forum, Rumah Motor, dan lain-lain.

Search Engine (Mesin Pencari) : situs yang dibuat khusus untuk mencari informasi sekaligus gateway ke halaman-halaman situs lain. Contoh Google, Yahoo, Bing, dll.

e-Commerce atau Toko Online : dibuat khusus untuk menjual produk secara online. Umumnya dilengkapi dengan shopping cart (keranjang belanja) untuk memudahkan user/pengunjung berbelanja. Tapi sebagian juga hanya berupa catalog online yang lengkap dengan detil dan harga produk, untuk melakukan pembelian dapat dilakukan melalui email atau telepon, saat ini situs jejaring soaial juga telah banyak digunakan sebagai toko online contohnya facebook.

News Site (Situs Berita) : situs ini biasanya berisi artikel-artikel atau berita-berita yang diupdate secara rutin. Pada beberapa situs, pengunjung atau user bisa meninggalkan komentar. Contoh : Detiknews, Antaranews, dan BBC.

Blog : merupakan diari online dimana pemilik (individu atau group) dapat mengupdate artikel, baik tulisan, gambar ataupun file multimedia lain secara rutin dimana semua entri tersusun berurutan dan memiliki fasilitas komentar buat pengunjung yang melihat blog tersebut.

Community site (Situs Komunitas) : situs seperti ini biasanya dibuat khusus untuk komunitas-komuntas tertentu untuk berbagi informasi yang terbatas.

Archive Site : Situs khusus dimana para pengguna dapat berbagi informasi dan disimpan dalam arsip-arsip elektronik. Contoh : Yahoogroups, Google Groups, Wikipedia, dll

File Sharing : situs yang dibuat khusus untuk berbagi file, baik gambar, video, musik dan file-file digital lainnya. File-file ini ada yang berbayar adapula yang gratisan. Contoh : Photobucket, Flickr, Imageshack, Rapidshare, 4shared dll.

Masih banyak lagi jenis-jenis dari website berdasarkan fitur serta fungsinya. Setidaknya kita tahu bahwa website yang sering kita temukan atau kita akses itu merupakan tipe-tipe dari website dinamis. Kalu untuk website statis biasanya kurang begitu popular karena website tersebut tidak berkembang. Jadi cukup sekian dulu informasi dari saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar