Minggu, 09 Oktober 2011

Perkembangan Teknologi ( OS Handphone)

Sebelumnya kita perlu tahu, sebenarnya apa sih teknologi itu? teknologi adalah perkembangan suatu media/alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah. Seiring dengan berkembangnya zaman teknologi di bidang telekomunikasipun ikut mengalami perubahan yang cukup luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya muncul jenis-jenis handphone dengan berbagai macam sistem operasi yang memiliki keunggulan masing-masing.

Selanjtnya akan dijelaskan mengenai sistem operasi apa saja sih yang ada pada handphone-handphone canggih saat ini.


Syambian OS








Symbian adalah salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya.
Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Symbian OS sendiri bukanlah software yang bersifat open source walaupun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, tetapi untuk source codenya sendiri tidak dapat dipublikasikan untuk umum.


Android OS












Sistem Operasi Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux, yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS. Android tidak terikat ke satu merek Handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calender.
Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc., dan pada tahun 2005 di akuisisi oleh raksasa Internet Google. Android dibuat dengan basis kernel Linux yang telah dimodifikasi, dan untuk setiap release-nya diberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan. Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE, and WiMAX) dan juga kemampuan dasar handphone pada umumnya.

IOS (iPhone OS)







IOS atau dikenal dengan OS iPhone merupakan sistem operasi yang digunakan untuk mobile apple. Awalnya dikembangkan untuk iPhone , sejak itu telah diperluas untuk mendukung perangkat lain Apple, Inc seperti iPod touch , iPad dan Apple TV . IOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung , menggunakan multi-touch gestures.Elemen kontrol antarmuka terdiri dari slider, switch, dan tombol. Interaksi dengan Os melalui gerakan seperti menggesek, tekan, mencubit,dan mencubit sebaliknya, yang semuanya memiliki definisi khusus dalam konteks sistem operasi IOS dan antarmuka multitouch. Internal accelerometers digunakan oleh beberapa aplikasi untuk menanggapi gemetar perangkat (salah satu hasil umum adalah perintah undo) atau berputar dalam tiga dimensi (satu hasil umum adalah beralih dari portrait ke modus lansekap).


BADA OS













Bada adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile dikembangkan oleh Samsung Electronics . Namanya berasal dari "바다 (Bada)", yang berarti "laut" atau "laut" di Korea . Menurut hak cipta yang ditampilkan oleh Samsung S8500 Wave , bada menggunakan kode dari FreeBSD , NetBSD dan OpenBSD , meskipun ponsel lain mungkin menggunakan Linux sebagai gantinya.
Bada juga menyediakan berbagai kontrol UI untuk pengembang: ini menyediakan berbagai macam dasar kontrol UI seperti Listbox, Color Picker dan Tab, memiliki web browser kontrol berdasarkan open source WebKit , dan fitur Adobe Flash , mendukung Flash 9. Baik WebKit dan Flash dapat ditanamkan di dalam aplikasi Bada asli. Bada menawarkan pemetaan interaktif dengan tempat tujuan (POI) fitur, yang juga dapat tertanam di dalam aplikasi asli. Aplikasi asli yang dikembangkan dalam C + + dengan Bada SDK , dan Eclipse. GNU berbasis rantai alat yang digunakan untuk membangun dan debugging aplikasi. IDE juga mengandung UI Builder, yang mana pengembang dapat dengan mudah merancang antarmuka aplikasi. Untuk pengujian dan debugging, IDE berisi sebuah emulator yang dapat menjalankan aplikasi.


Blackberry OS










RIM (Research In Motion) selaku pengembang sistem operasi yang digunakan oleh smartphone blackberry menyediakan sistem operasi multi-tugas (multi-tasking operating system - OS) bagi Blackberry yang memungkinkan penggunaan secara intens dari sebuah alat seperti layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, messenger (Blackberry Messenger/BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.
OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan kalendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara OS 4 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalendar, daftar tugas, catatan dan buku telepon, serta tambahan dukungan bagi Novell GroupWise and Lotus Notes.


Windows Mobile














Windows Mobile adalah sebuah sistem operasi ponsel yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan dalam ponsel pintar dan perangkat mobile, namun dikeluarkan untuk pasar tertentu. Windows Mobile nantinya digantikan oleh Windows Phone 7. Versi terakhir adalah Windows Mobile 6.5 yang didasarkan pada Windows CE 5.2 kernel, dan memiliki fitur sekumpulan aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft Windows API. Sistem operasi ini didesain menjadi semirip mungkin dengan Windows versi desktop, baik secara fitur dan tampilan. Selain itu, pengembangan software oleh pihak lain dimungkinkan dalam sistem operasi ini. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat diperoleh melalui Windows Marketplace for Mobile.

Palm OS














Palm OS adalah sebuah sistem operasi mobile yang mulanya dikembangkan oleh Palm, Inc untuk personal digital assistant(PDA) pada tahun 1996. Palm OS itu sendiri awalnya hanya didesain untuk kemudahan penggunaan dengan touchscreenberbasis antarmuka pengguna grafis. Hal ini disediakan dengan suite aplikasi dasar untuk manajemen informasi pribadi. Kemudian setelah versi dari OS telah diperluas untuk mendukung smartphone.
Dibandingkan dengan sistem operasi lainnya adalah Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal, dan tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik.

1 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    BalasHapus