Rabu, 26 Oktober 2011

Trend Jejaring Sosial Karya Anak Bangsa

Social Networking atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan jejaring sosial merupakan suatu struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi yang terikat dengan satu atau lebih relasi spesifik seperti teman, nilai, visi, ide, dll. Jejaring sosial yang saat ini sedang booming banget dan tidak asing lagi didengar antara lain yakni facebook, twitter, google+, Myspace, Yahoo, dan masih banyak lagi. Itu semua adalah hasil dari buatan negara asing yang sudah mendunia. Apakah indonesia juga punya dan tidak kalah bagusnya dengan buatan negara luar? sudah tentu ada. Apa saja sih website jejaring sosial yang telah berhasil dibuat oleh anak-anak bangsa indonesia... let's check this out..

1.Koprol.com

Jejaring sosial ini gak kalah hebat dengan facebook, disini kalian bisa mengetahui seluruh kota atau wilayah indonesia loh. Kalian juga check in disuatu tempat seperti di situs jejaring foursquare. Dan ada lagi yang menarik dari situs jejaring ini yaitu kita bisa mengetahui teman-teman yang terdekat dengan wilayah saat kita berada. Ide untuk Koprol ini sendiri merupakan konsep gabungan dari berbagai situs jejaring sosial yang sedang marak seperti lifestream model seperti Twitter dan sistem komentar seperti Plurk.


2.Fupei.com

FUPEI-Friends Uniting Program Especially Indonesia- adalah sebuah website komunitas yang berisi tentang jurnal persahabatan dan kreatifitas di internet, dikhususkan untuk kalangan Indonesia. FUPEI itu sendiri menyediakan fasilitas yang tidak kalah menariknya dibandingkan situs jaringan sosial yang sejenis. Seorang fupeis dapat mencari fupeis lain dan mengangkatnya sebagai status teman di dalam FUPEI. Setelah status menjadi teman, seorang fupeis dapat menulis testimoni kepada temannya. Fupeis juga dapat mengirimkan surat kepada fupeis lain ataupun temannya. Seorang fupeis dapat memiliki jumlah teman yang tidak terbatas, hal ini dapat mengurangi duplikasi profil seorang fupeis karena ketidak-terbatasan kapasitas daftar teman yang disediakan FUPEI.


3.DIGLI.com

DIGLI adalah situs pertemanan dengan rasa Indonesia dimana seluruh pengguna DIGLI bisa berinteraksi satu sama lain sehingga membentuk sebuah aktifitas bersosialisasi.Lebih mudah mendapatkan temanDengan DIGLI, para pengguna bisa lebih mudah mendapatkan teman-teman baru karena di sini para pengguna DIGLI lebih mudah mengakrabkan diri dengan pengguna lainnya. Selain itu, berbagai fasilitas yang tersedia sangat mendukung para penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan pengguna-pengguna lainnya,kalau dalam penilaian situs ini menggabungkan antara facebook dengan kaskus.


4. KongKoow.com


Kongkoow merupakan situs jejaring sosial bercitarasa lokal yang menyediakan fasilitas sangat lengkap seperti akun email, file sharing, video streaming, dan blogging. Di Kongkoow kalian bisa menikmati berbagai macam hiburan, mulai dari main games online, upload foto, layanan ala YouTube sampai dengan bikin blog. Untuk K-Music terdapat lebih dari 2000 lebih lagu dari berbagai jenis music seperti pop, jazz, rock, religi hingga dangdut juga bis da tinggal didownload.


5.Lilocity.com

LiLO―singkatan dari Little Online―dikembangkan sebagai medium berkumpul anak muda yang berkonsep virtual world society (VWS). Sandi Pinatabahri, Manajer Bisnis M-Stars, menyampaikan, “Kami mengembangkan LiLO ke arah VWS karena memang kami ingin memberikan tempat untuk anak-anak muda bersosialisasi, berkreasi, dan mengekspresikan dirinya di virtual world.”


6. Adandu.com

Adandu memiliki tampilan logo dan website yang didominasi warna merah-putih serta maskot berbentuk kartun bintang kuning. Adandu adalah sebuah situs web berbagi video dan layanan pengunggahan video berbentuk komunitas maya yang menyediakan layanan gratis bagi pengguna umum dan pembuat atau penerbit video independen. Situs Adandu juga menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya seperti pengunggahan dan pemutaran berkas audio atau musik, pengunggahan foto, gambar atau grafik, layanan blog pribadi, forum Internet, grup, sistem peringkat atau penilaian konten yang disebut Chips & Karma dan Adandu Gifts, sistem klasifikasi isi atau tag, halaman profil pribadi, serta sistem pertemanan daring.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar