Rabu, 25 April 2012

Database Komputasi Awan 'Cloud Computing'

Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet ("di dalam awan")  tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.

Database yang digunakan oleh Cloud Computing salah satunya yaitu SQL Azure. SQL Azure adalah komponen kunci dari fleksibilitas platform data Microsoft menawarkan dan skalabilitas, keandalan dan keamanan; dan kelincahan pengembang.

SQL Database Azure menawarkan ketersediaan tinggi dan fungsi dari sebuah pusat data perusahaan tanpa overhead administratif yang berhubungan dengan solusi on-premise. Kemampuan swa-kelola memungkinkan organisasi untuk layanan penyediaan data untuk aplikasi di seluruh perusahaan tanpa menambah beban dukungan departemen TI pusat atau mengganggu teknologi-cerdas karyawan dari tugas-tugas inti mereka untuk menjaga aplikasi database departemen.

SQL Azure dibangun di atas kuat dan terbukti Windows Server ® dan SQL Server teknologi, dan cukup fleksibel untuk mengatasi perbedaan-perbedaan dalam penggunaan dan beban. Layanan ini mereplikasi salinan berlebihan beberapa data ke beberapa server fisik untuk memastikan ketersediaan data dan kelangsungan bisnis. Dalam kasus bencana, SQL Azure menyediakan failover otomatis untuk menjamin ketersediaan maksimum untuk aplikasi Anda.



2 komentar:

  1. kawan, jangan lupa ya memasang RSS Feed BAAK dan RSS Feed Studentsite ya. Cara teknisnya bisa dilihat di http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30949/RSS+Feed+BAAK.pdf & http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30947/RSS+Feed+Studentsite+Pada+Blogspot.pdf

    BalasHapus
  2. nice....buat referensi thank ya....

    BalasHapus