Kamis, 15 April 2010

Facebook Vs Twitter

Sebelumnya saya sudah menjelaskan pengertian mengenai web berserta macam-macam dari web itu sendiri. Sekarang saya ingin memberikan salah satu contoh web, yaitu web social (social network site) dengan membandingkan persamaan dan perbedaan anatara dua situs yang merupakan web social tersebut.

Survey saya terhadap adanya situs jejaring social yang saat ini sedang buming sekali. Situs tersebut yaitu Facebook dan twitter merupakan salah satu jenis dari website yaitu Social Network Site (Situs Jejaring Sosial). Dari artikel sebelumnya saya juga telah menjelaskan mengenai website, situs jejaring social merupakn jenis dari website dinamis karena situs ini selalu melakukan update. Kenapa disebut sebagai social network site (situs jejaring social)?? Hal ini dikarenakan fungsi dan tujuannya.

Fungsi dari situs jejraing social ini yaitu untuk menjalin suatu hubungan atau interaksi setiap orang dimanapun mereka berada. Sedangkan untuk tujuannya yaitu kita dapat mengenal sesorang atau lebih didalam satu account dan kita juga bias menemukan teman atau kenalan kita yang telah lama putus hubungan atau komunikasi.
Kali ini saya ingin menyampaikan sedikit informasi mengenai persamaan dan perbedaan antara facebook dan twitter.

Persamaan :
1. Kedua situs ini tentu saja sama-sama merupakan situs jaringan.
2. Keduanya baik facebook maupun twitter sama-sama mengandalkan fitur update status.


Perbedaan :
1. Facebook hadir dengan bebrbagai macam fitur dan bisa dibilang sudah cukup komplit. Facebook tidak hanya sekedar update status tetapi kita bisa berbagi gambar, berbagi video, ber-chatting, serta menikmati fitur-fitur seperti game, kuis,dll.
2. Twitter hanya menwarkan kesederhanaan, bisa dibilang twitter tidaklah lebih dari sekedar update status dan itupun hanya dibatasi sampai 140 karakter saja.
3. Apabila dilihat dari keceptan loading twitter memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan facebook.
4. Jika di Twitter membedakan teman menjadi ‘following dan follower’ dimana artinya yaitu following adalah teman yang kita ikuti dan follower adalah teman-teman yang mengikuti kita. Sementara facebook semua teman yang kita punya menggunakan sebutan yang sama yaitu ‘friends’.

Berikut adalah perbedaan tampilan dari kedua situs ini:













Tidak ada komentar:

Posting Komentar